Operasi Gabungan Sidak TKA di PLTU Tambak Lorok

Jumat, 26 Maret 2021. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melaksanakan kegiatan Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di wilayah Kota Semarang, tepatnya di PLTU Tambak Lorok, kota Semarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama-sama dengan instansi-instansi pemerintahan lainnya di wilayah Kota Semarang, di antaranya BAIS, BIN, Kodim, Kesbangpolinmas, dan Polrestabes, yang tergabung di dalam Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kota Semarang.

Proses kegiatan diawali dengan briefing mengenai target sasaran, sarana dan taktik operasi. Kemudian Tim dibagi menjadi 2 (dua) kelompok yang melakukan pengawasan beberapa lokasi utama PLTU meliputi PT. Jurong Engineering Lestari, General Electrics, PT. Marubeni Indonesia, dan PT Tractebel Engineering Indonesia. Kegiatan pengawasan meliputi pemeriksaan dokumen keimigrasian dan izin tinggal Tenaga Kerja Asing di lokasi PLTU Tambak Lorok. Dari kegiatan tersebut didapatkan keterangan dan informasi kelengkapan dan keabsahan dokumen keimigrasian dan izin tinggal semua Tenaga Kerja Asing yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam proyek PLTU tersebut.

Kegiatan Operasi Gabungan tersebut merupakan salah satu program pelaksanaan fungsi pengawasan yang menjadi tanggung jawab Tim Pengawasan Orang Asing Kota Semarang di bawah koordinasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.