Kegiatan Pengawasan, Pendataan, dan Sosialisasi Penegakan Hukum Keimigrasian ke Berbagai Perusahaan Pengguna Tenaga Kerja Asing di Kabupaten Kendal.

Kamis, 20 Februari 2020.
Tim Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, bersama dengan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melaksanakan pengawasan, pendataan, dan sosialisasi penegakan hukum keimigrasian ke berbagai perusahaan pengguna tenaga kerja asing di Kabupaten Kendal. Perusahaan yang dituju antara lain PT Mas Sumbiri, PT Link Fortune, dan PT Citra Mas Mandiri.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Ma’mum dan Kepala Subbidang Intelijen Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jateng, Teguh Mentalyadi turut melakukan pengecekan dokumen izin tinggal bagi TKA yang bekerja di perusahaan tersebut, yang apabila ditemukan pelanggaran akan dilakukan penindakan keimigrasian. Dari hasil pendataan didapatkan jumlah TKA di PT Mas Sumbiri sebanyak 54 orang, PT Link Fortune 15 orang, dan PT Citramas Madiri sebanyak 3 orang TKA.

Kegiatan ditutup dengan pemberian buku Peraturan Keimigrasian dan Materi Sosialisasi Permenkumham No 3 Tahun 2020 tentang Peghentian Sementara Bebas Visa Kunjungan, Visa dan Pemberian Izin Tinggal Keadaan Terpaksa bagi Warga Negara Republik Rakyat Tiongkok secara simbolik kepada pihak perusahaan.