Rapat Koordinasi Penguatan Tim PORA Kota Semarang

Selamat siang Sahabat Imigrasi Semarang
Hari ini, Rabu (06/11/2019), Kantor Imigrasi Semarang mengadakan Rapat Koordinasi Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kota Semarang. Acara diselenggarakan di Hotel Pandanaran, Jalan Pandanaran, Kota Semarang.

Hal ini merupakan implementasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, dalam menjalankan tugas dan fungsi keimigrasian, terutama dalam Pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kota Semarang.

 

Rapat Timpora dibuka oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Filianto Akbar. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa koordinasi atau sinergisitas antar instansi ini sangat penting karena dapat menjadi sarana untuk bertukar informasi dalam pengawasan orang asing. Kota Semarang merupakan salah satu kota yang menjadi gerbang masuk utama di Jawa Tengah melalui bandara internasional dan pelabuhan laut yang sangat strategis sehingga menjadikan kota tujuan bagi warga negara asing untuk melakukan kunjungan, wisata, maupun bekerja.

Pada rapat koordinasi ini bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Ma’mum. Dalam paparannya beliau menyampaikan berbagai hal terkait pengawasan orang asing di wilayah Kota Semarang. Diharapkan dengan adanya kegiatan rapat ini dapat meningkatkan koordinasi yang efektif dalam meningkatkan pengawasan keberadaan orang asing.

Sebagai fokus utama dalam rapat koordinasi ini adalah inisiatif dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang sebagai motor penggerak utama dalam pengawasan orang asing untuk mengadakan Operasi Gabungan bersama dengan berbagai instansi yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Kota Semarang. Instansi tersebut terdiri dari pihak TNI, Kepolisian, Kejaksaan, BIN, BNN, disnaker, Disdukcapil, Kesbangpol, hingga pemerintah kecamatan dan instansi terkait lainnya untuk bekerja sama dalam melakukan pengawasan orang asing di Wilayah Kota Semarang.