Operasi Gabungan Tim PORA Kota Semarang

 

Selasa, 17 September 2019. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengadakan Operasi Gabungan bersama instansi – instansi yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Kota Semarang. Instansi tersebut terdiri dari pihak TNI, Kepolisian, Kejaksaan, BIN, BNN, Kemenaker, Disdukcapil, yang bekerja sama dalam melakukan pengawasan orang asing di Wilayah Kota Semarang.

Sebelum memulai operasi gabungan, dilakukan briefing bersama di aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, yang dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Filianto Akbar, yang menyampaikan bahwa, operasi gabungan ini diharapkan agar semua instansi bisa melakukan pengecekan terkait dengan tugas dan fungsinya masing – masing dan dilakukan dengan tertib dan kondusif.

Dipimpin oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Ma’mum, Tim operasi gabungan melakukan pengecekan langsung menuju ke PT. Sumber Samudera Indonesia. Di perusahaan tersebut, terdapat 11 Warga Negara Asing yang bekerja, dan semuanya berkebangsaan China. Tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian terkait dengan identitas dan izin tinggalnya, namun perlu melengkapi Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) ke Disdukcapil, dan Surat Tujuan Instruksional Khusus (TIK) ke kejaksaan Kota Semarang.

Setelah itu, tim bergerak menuju ke PT. Rimba Makmur Bersama. Hasil pengecekan, terdapat 9 Tenaga Kerja Asing yang berkebangsaan Singapura, Vietnam, dan China. Tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian, dan diminta melengkapi dokumen TIK Kejaksaan.

Kunjungan berikutnya di PT. Mamagreen Pacific, yang pada saat pengecekan terdapat 1 (satu) warga Negara Belgia yang bekerja di sana, dan tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian.

Perusahaan terakhir yang dikunjungi adalah PT Kingda Marine Technical Indonesia. Terdapat 7 warga Negara Taiwan yang bekerja di sana.


Dari Keempat perusahaan yang dilakukan pengecekan oleh Tim PORA hari ini, tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian, tetapi masih terdapat beberapa kekurangan administrasi SKTT Disdukcapil, dan Surat TIK Kejaksaan.