Perbedaan e-Paspor dan Paspor Biasa

Halo sahabat Mido
Apa sih bedanya e-Paspor sama paspor biasa

Kita sebelumnya harus tau dulu nih apa itu E-paspor, jadi guys e-Paspor atau elektronik paspor, sering juga disebut paspor biometri, merupakan jenis paspor yang memiliki data biometri sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Data biometri tersebut disimpan dalam bentuk chip yang tertanam pada paspor, yang berada di bagian depan paspor.

Ada kabar gembira juga dari e-Paspor ini guys, karena pemerintah jepang mulai tanggal 1 Desember 2014 membebaskan visa kunjungan selama 15 hari bagi WNI pemegang e-Paspor, jadi kalian para traveler gak perlu membuat aplikasi via kunjungan apabila akan berlibur ke Jepang, mereka hanya perlu mendaftarkan e-Paspor meraka ke kedutaan besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia.

Ditambah e-Paspor juga lebih aman loh, kenapa?
e-Paspor akan sulit untuk disalahgunakan apabila paspor mereka ditangan orang lain, karena jika e-Paspor ini hilang maka orang lain yang menemukannya akan kesulitan untuk menyalahgunakan atau memalsukan paspor tersebut, karena seluruh data biometri pemilik paspor sudah tertanam dalam chip paspor, sehingga e-Paspor dibilang lebih aman juga ramah lingkungan karena mengurangi pemakaian kertas nih guys