Studi Tiru Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Terkait Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

BALI- 30 Januari 2019, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kepala Divisi Keimigrasian, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, beserta 6 Kepala Kantor UPT Imigrasi Jawa Tengah melakukan studi tiru untuk mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wbk/WBBM di wilayah UPT Imigrasi di Jawa Tengah. Studi tiru dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Studi Tiru dipimpin oleh Kakanwil KEMENKUMHAM Jawa Tengah Bapak Dewa Putu Gede.

Berkunjung ke Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar , Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dan Tim melakukan pengamatan pelayanan keimigrasian pemohon jasa keimigrasian yang sudah dicanangkan Zona Integritas bebas dari Korupsi, serta mengadopsi ilmu persiapan membangun zona integritas.

Inovasi pelayanan yang telah dilakukan Kantor Imigrasi Denpasar akan coba diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.
1. Salah satu kunci keberhasilan dalam menuju zona integritas, WBK, WBBM adalah komitmen dari pimpinan dan pentingnya garda terdepan dalam melakukan penyebaran informasi pelayanan keimigrasian dan niat tulus untuk melayani dengan memberlakukan pemohon sebagai raja.
2. 6 zona perubahan menunju Zona Integritas WBK WBBM perlu di tanamkan dan di jalankan demi tercapainya predikat yang diinginkan.

Kunjungan kerja selanjutnya adalah menuju kantor imigrasi kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dengan tema studi tiru APOA Next Generation (NG).2:
Beberapa poin penting dari APOA NG.2 adalah:
1. Aplikasi berbasis android. Belum dapat diaplikasin pengguna iphone (appstore)
2. Memanfaatkan fitur mrz capture sangat mudah memasukan data ke dalam aplikasi APOA NG.2
3. Teracking lokasi sangat gampang dan akurat.
4. Pendataan uptodate
5. Ada fitur check in dan check out.
6. Set lokasi aplikasi mudah.
7. User frendly.

Inovasi akan di pelajari dan akan disempurnakan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI semarang dengan mempertimbangkan dukungan operasional.

(Humas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang – Imigrasi Pasti Aktual)