IMMIGRATION GOES TO CAMPUS

Senin, 21 Januari 2019, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Bapak Filianto Akbar mendapatkan kesempatan memberikan Kuliah Umum kepada taruna – taruni Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (AKPELNI) Semarang. Kuliah Umum yang diberikan ini merupakan Rangkaian Pelaksanaan Hari Bhakti Imigrasi ke 69 dengan tema “IMMIGRATION GOES TO CAMPUS”

Kuliah Umum ini diberikan dihadapan 200 taruna – taruni dan tenaga pendidik AKPELNI Semarang. Adapun materi yang disampaikan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan wawasan kepada seluruh taruna – taruni Akademi Pelayaran Niaga Indonesia Semarang, karena keimigrasian sangat erat pentingnya dengan dunia pelayaran yang nantinya taruna – taruni AKPELNI pergunakan setelah lulus dari akademi.

“Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, menanggapi begitu banyaknya problematika yang dihadapi oleh lulusan taruna – taruni akan kurangnya pemahaman tentang keimigrasian, seperti stoway, tanggung jawab kapal awak angkut.”

Dalam kesempatannya sebelum mengisi Kuliah Umum, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Bapak Filianto Akbar mendapatkan kehormatan menjadi Inspektur Upacara Bendera dan pemeriksaan parade pasukan. Dalam amanatnya dihadapan 1.020 taruna – taruni AKPELNI beliau menyampaikan bahwa keimigrasian adalah hal ikhwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar Wilayah Indonesia serta pengawasan dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara dimana memiliki keterkaitan dengan lambang AKPELNI berupa jangkar dengan tali yang berdiri tegak yang berarti Lambang Kebahariawan yang mengandung kekuatan, keteguhan, kemanan dan penghubung antara dataran dengan lautan. Makna tersebut memiliki hubungan dengan tugas dan fungsi insan imigrasi yakni Penjaga Pintu Gerbang Negara.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Filianto Akbar berpesan kepada seluruh taruna – taruni untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya karena di Kampus Akpelni inilah tempat yang baik menimba ilmu yang akan dirasakan manfaatnya di dunia kerja dan menjadi aparat sipil yang ….. AKTUAL …..
Yang tak kalah pentingnya adalah … Mau jadi apapun kalian nanti … Buatlah orang tuamu bangga “ Urai Bapak Filianto Akbar

Acara ditutup dengan pemberian Cindera mata oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang kepada Direktur AKPELNI pada Kuliah Umum di AKPELNI Semarang.