Tingkatkan Pengawasan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang selenggarakan Rapat Tim PORA Kabupaten Semarang


Hai Sobat Mido, hari ini, Kamis, 26 September 2019, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengadakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Kabupaten Semarang.

Rapat dihadiri oleh perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kab Semarang, Perwakilan Kodim di Wilayah Kab. Semarang, Kepala Polsek, Disdukcapil, Disnaker, dan instansi lain yang tergabung dalam Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) se- Kabupaten Semarang.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Ma’mum, dalam paparannya menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan skema koordinasi yang efektif dalam meningkatkan pengawasan keberadaan orang asing di Kabupaten Semarang. Rapat Tim PORA seperti ini, merupakan sarana yang baik agar tiap – tiap anggota bisa sharing terkait permasalahan yang dialami agar dicarikan solusi yang terbaik.


Testimoni Pemohon Si Jempol Semar

Hai, Sobat Mido. Ada testimoni dari Bapak Windy Nagata Halim yang menggunakan Layanan Si Jempol Semar (Imigrasi Jemput Bola Semarang) untuk anaknya, Theodore Winata, yang saat itu masih terbaring di Rumah Sakit Telogorejo Semarang.

Layanan Si Jempol Semar merupakan Inovasi terbaru pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang yang dapat digunakan oleh pemohon paspor disabilitas atau sakit khususnya di wilayah Kota Semarang untuk dilakukan foto biometrik tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi.

Semoga Layanan Si Jempol Semar ini bisa bermanfaat dan membantu masyarakat dalam proses pembuatan paspor.

Operasi Gabungan Tim PORA Kota Semarang

Operasi Gabungan Tim PORA Kota Semarang

 

Selasa, 17 September 2019. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengadakan Operasi Gabungan bersama instansi – instansi yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) Kota Semarang. Instansi tersebut terdiri dari pihak TNI, Kepolisian, Kejaksaan, BIN, BNN, Kemenaker, Disdukcapil, yang bekerja sama dalam melakukan pengawasan orang asing di Wilayah Kota Semarang.

Sebelum memulai operasi gabungan, dilakukan briefing bersama di aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, yang dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Filianto Akbar, yang menyampaikan bahwa, operasi gabungan ini diharapkan agar semua instansi bisa melakukan pengecekan terkait dengan tugas dan fungsinya masing – masing dan dilakukan dengan tertib dan kondusif.

Dipimpin oleh Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Ma’mum, Tim operasi gabungan melakukan pengecekan langsung menuju ke PT. Sumber Samudera Indonesia. Di perusahaan tersebut, terdapat 11 Warga Negara Asing yang bekerja, dan semuanya berkebangsaan China. Tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian terkait dengan identitas dan izin tinggalnya, namun perlu melengkapi Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) ke Disdukcapil, dan Surat Tujuan Instruksional Khusus (TIK) ke kejaksaan Kota Semarang.

Setelah itu, tim bergerak menuju ke PT. Rimba Makmur Bersama. Hasil pengecekan, terdapat 9 Tenaga Kerja Asing yang berkebangsaan Singapura, Vietnam, dan China. Tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian, dan diminta melengkapi dokumen TIK Kejaksaan.

Kunjungan berikutnya di PT. Mamagreen Pacific, yang pada saat pengecekan terdapat 1 (satu) warga Negara Belgia yang bekerja di sana, dan tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian.

Perusahaan terakhir yang dikunjungi adalah PT Kingda Marine Technical Indonesia. Terdapat 7 warga Negara Taiwan yang bekerja di sana.


Dari Keempat perusahaan yang dilakukan pengecekan oleh Tim PORA hari ini, tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian, tetapi masih terdapat beberapa kekurangan administrasi SKTT Disdukcapil, dan Surat TIK Kejaksaan.

Selamat Ulang Tahun Direktur Jenderal Imigrasi

Kami dari Keluarga besar Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke- 58 kepada Direktur Jenderal Imigrasi Irjen Pol. Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH

 

Irjen Pol. Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH

Unit Layanan Paspor belum bisa menerbitkan E-Paspor

Gangguan Sistem Permohonan Paspor, dan Pelayanan Warga Negara Asing

Sehubungan dengan adanya perbaikan atas gangguan kesisteman yang terjadi di seluruh Kantor Imigrasi seluruh Indonesia pada Pusat Data Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi, maka dengan ini kami informasikan bahwa layanan keimigrasian berupa penerbitan billing pembataran BMS (BIOMETRIC matching System) penyerahan paspor serta Izin Tinggal bagi Warga Negara Asing mengalami keterlambatan sampai waktu yang belum dapat ditentukan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Penyuluhan Izin Tinggal Keimigrasian oleh Direktorat Jenderal Imigrasi

Semarang, 05 September 2019, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang beserta jajarannya menghadiri undangan Penyuluhan Izin Tinggal Keimigrasian Bagi Masyarakat Kawin Campur dan Anak Berwarganegaraan Ganda dari Direktorat Izin Tinggal Keimigrasian.

Acara yang di selenggarakan di Hotel Oak Tree dan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Bapak Sutarman.

Selain itu acara juga dihadiri oleh para undangan subjek perkawinan campur dan anak berkewarganegaraan ganda.