INI PIALAKU

Semarang (25/10) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah pada hari Selasa tanggal 25 Oktober 2016 menyelenggarakan Legal Expo yang secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Bambang Sumardiono dengan ditandai pemukulan gong, di hadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Molyanto, Kepala Divisi Keimigrasian M. Diah, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto, Kepala BNNP Jawa Tengah Tri Agus Heru Prasetyo, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Nommy HT Siahaan, Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Indrawasih,Pejabat Struktural Eselon III dan IV dilingkungan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dan Kepala UPT Se-Kota Semarang.

Dalam memberikan pelayanan yang PASTI Nyata kepada masyarakat dan menunjukkan secara Nyata tentang kinerja kita, Beberapa yang ditampilkan dalam Legal Expo ini antara lain:

  1. Produk-produk Karya Warga Binaan yang dipamerkan tidak sekedar sebagai hasil pembinaan jajaran Kementerian Hukum dan HAM kepada Warga Binaan, tetapi ini adalah sebuah kegiatan pembinaan yang memberikan manfaat dan rasa percaya diri yang tinggi bagi Warga Binaan karena hasil kreasinya mendapatkan apresiasi, tidak hanya sekedar dipamerkan tetapi mempunyai nilai jual yang tinggi.
  2. Pelayanan Informasi baik untuk Pemasyarakatan, Keimigrasian dan Pelayanan Hukum dan HAM, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan informasi hukum dan HAM.
  3. Informasi dari Instansi Penegak Hukum dan instansi terkait lainnya dalam melaksanakan pelayanan dan penegakan hukum PASTI Nyata.

Kegiatan legal expo ditutup pada tanggal 26/10/2016 pukul 20.00 wib serta diumumkan pemenang legal expo Hukum dan HAM tahun 2016. Juara I diraih Pesrta dari POLDA Jateng Juara II diraih dari BNN Provinsi Jawa Tengah dan Juara III di raih Kantor Imigrasi Kelas I Semarang.

“Mari Bersama Menjadikan Imigrasi Menjadi Lebih Baik”

img_08791_dsc5492img_08531_dsc5553_dsc5551img_08581

KEPALA BIRO UMUM SEKRETARIAT JENDERAL KUNJUNGI KANTOR IMIGRASI KELAS I SEMARANG

Semarang 26/10/2016. Tiba sekitar pukul 08.22 Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Indro Purwoko melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. dalam kunjungannya Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Indro Purwoko bertatap muka dan berdialog dengan pemohon jasa keimigrasian baik pemohon Paspor atau warga negara asing,  selain itu Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Indro Purwoko juga melihat proses pelayanan keimigrasian serta berdialog dengan petugas dan menanyakan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelayanan. Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Indro Purwoko berpesan agar petugas selalu memberikan pelayanan prima dan tidak melakukan hal-hal yang tidak etis seperti pungli, mempersulit kepengurusan paspor, dan tidak ramah. meskipun kondisi lelah kita harus tetap ramah” papar beliau.

Didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Semarang HIMRON  , Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Indro Purwoko mengelilingi Kantor Imigrasi Kelas I Semarang dan memeriksa sarana prasarana pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. apresiasi diberikan atas usaha jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Semarang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

img_6708 img_6704img_6759img_6731img_6722img_6748

LACI PETUGAS IMIGRASI KELAS I SEMARANG DI PERIKSA TIM PEMBERANTASAN PUNGLI KANWIL KEMENKUMHAM JATENG

Semarang 25/10/2016. Sekitar pukul 08.25 Kepala Kantor Wialayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah beserta Tim yang tergabung dalam Satgas Pemberantasan Pungli Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melakukan sidak di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Wialayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah beserta Tim ,melakukan pemeriksaan laci-laci petugas serta berdialog dengan pemohon jasa Keimigrasian khususnya pemohon Paspor.  selain itu juga Tim Pemberantasan Pungli juga menghimbau kepada pemohon Jasa Keimigrasian agar melaporkan melalui SMS atau WHATSAPP Nomor HP Dirjen Imigrasi jika ada petugas yang meminta uang atau mempersulit pemohon jasa Keimigrasian.

Tim Pemberantasan Pungli Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah mengapresiasi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Semarang atas komitmen untuk memberantas Pungli di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang.

img_0862img_0863img_0864img_0865img_0866

AKULAH JUARANYA

Jumät 30/09/2016 Memperingati hari Dharma Karya Dhika Kementerian Hukum dan HAM Tim Olahraga Kantor Imigrasi Kelas I Semarang berpartisipasi dalam lomba memperingati Hari Bhakti Kementerian Hukum dan HAM yang ke 76. Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang Tim Voly, Tim Tenis Meja Menyabet Juara I dan Tim Catur menjadi Runner UP. Diikuti seluruh Satuan Kerja UPT Kementerian Hukum dan HAM di KOta Semarang. AKULAH JUARANYA. Bravo Imigrasi Kelas I Semarang

or-55or-73or-93or-96or-103or-115or-133or-146

KAMI HADIR UNTUK MELAYANI

Semarang 17/10/2016,  Memperingati hari bhakti Dharma Karya Dhika Kementerian Hukum dan HAM ke 76, Seluruh Jajaran Imigrasi wajib memberikan pelayanan dengan empati dan selalu berkomitmen untuk tidak ada pungutan liar atau mempersulit pemohon pelayanan Jasa Keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang.

himbauan-pengaduan-pungli-copy14633609_1718505731804944_3784967013821762790_o14712931_1718503955138455_8303813571217261841_o img_1088img_1137img_1145

PASTIKAN ORANG ASING DI KOTA SALATIGA MENDAPATKAN PELAYANAN PRIMA DARI KANTOR IMIGRASI KELAS I SEMARANG

Salatiga 28/09/2016 Kantor imigrasi Kelas I Semarang melaksanakan Sosialisasi Visa dan Izin Tinggal bagi Orang Asing di kotaSalatiga. Sosialisasi di buka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Bambang Sumardiono, Bc.Ip. SH.MH. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Lembaga Imigrasi mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar terhadap citra Bangsa dan Negara karena untuk awal pertama kalinya orang asing yang akan masuk ke wilayah Indonesia pati akan bertemu petugas Imigrasi baru kemudian di tindaklanjuti dengan pengawasan serta pemberian izin tinggal orang asing tersebut. Dengan pemanfaatan teknologi diharapkan Instansi Imigrasi harus bisa berinovasi dlam memberikan kemudahan pelayanan baik kepada Orang Asing atau Warga Negara Indonesia.

Bertemakan  Izin Tinggal Terbatas (ITAS) On Line acara Sosialisasi Visa dan Izin Tinggal Bagi Orang Asing Kota Semarang dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai stake holder. Acara Sosialisasi Visa dan Izin Tinggal Bagi Orang Asing Kota Semarang menghadirkan narasumber dari Direktorat Izin Tinggal dan Status Keimigrasian DITJEN Imigrasi  Bapak VENCENTIUS PURWO HENDRATMOKO dan Bapak AHMAD AZIZ, SE, MSi  dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah

Sistem aplikasi pemberian ITAS secara Online merupakan langkah guna meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian terhadap orang asing yang hendak mendapatkan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) di Indonesia melalui penyederhanaan persyaratan maupun pemangkasan birokrasi. Jika sebelumnya orang asing pada saat mengajukan permohonan ITAS di Kantor Imigrasi dilakukan secara manual, dengan sistem ini dilaksanakan secara elektronik. Dengan aplikasi pemberian ITAS secara Online, orang asing tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi untuk mengisi formulir permohonan, melampirkan persyaratan dan melakukan pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) karena semua langkah tersebut telah dilaksanakan pada saat permohonan Visa Tinggal Terbatas. Orang asing hanya diwajibkan untuk datang ke Kantor Imigrasi satu kali saja untuk melakukan wawancara beserta pengambilan data biometrik berupa Foto dan sidik jari. Orang asing akan mencetak sendiri KITAS-nya secara Online (melalui surat elektronik).

sos-visit-salatiga-108sos-visit-salatiga-86sos-visit-salatiga-116sos-visit-salatiga-55