Pelantikan JFT Analis Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dan UPT Kantor Imigrasi se-Jawa Tengah

Semarang. 12 Agustus 2019. Telah dilaksanakan pelantikan 12 (dua belas) pegawai Analis Keimigrasian Pertama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Pelantikan dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah bersama dengan pegawai UPT dari Kantor Imigrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah, Sutrisman, dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh Analis Keimigrasian Pertama yang baru saja dilantik, agar menerapkan Nilai PASTI dalam bekerja. Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif.
Tidak lupa, beliau menyampaikan bahwa dalam bekerja harus dijalani dengan suka cita

Rapat Koordinasi dan Pengarahan BPS Kota Semarang

Selamat malam Sobat Mido, pada hari ini Senin, 12 Agustus 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang menyelenggarakan Pengarahan dari Badan Pusat Statistik Kota Semarang berkaitan dengan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Dalam waktu dekat sebelum dilakukan survei lapangan secara langsung oleh BPS, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat mulai dari infrastruktur gedung kantor, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pelayanan sesuai Standard Operasional Prosedur yang ada.

Apel Pagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang (12/08/2019)

Selamat pagi Sahabat Imigrasi Semarang, pada pagi hari ini Senin, 12 Agustus 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang menyelenggarakan apel pagi yang diikuti oleh seluruh pegawai. Apel kali ini dipimpin oleh Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ibu Sri Marhaeni Yuliastuti.

Beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya akan dilaksanakannya pelantikan JFT Analis Keimigrasian Kantor Imigrasi Semarang. Beliau turut mengajak seluruh pegawai untuk mengikuti rapat dengan BPS yang akan diselenggarakan pada sore hari ini. Ibu Marhaeni juga mengingatkan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan upacara bendera pada tanggal 17 Agustus nantinya.

Rapat Koordinasi dan Pengarahan Ombudsman Jawa Tengah

Selamat Sore Sobat Mido. Pada hari ini, Jum’at, 09 Agustus 2019. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mendapat pengarahan dari Ombudsman terkait Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Plh. Kepala Ombudsman Jawa Tengah, Sabarudin Hulu, menjadi narasumber dalam pengarahan ini.

Beliau menyampaikan beberapa hal, diantaranya, untuk mendukung terwujudnya Zona Integritas menuju WBK dibutuhkan komitmen dari Pimpinan dan seluruh pegawai dalam satuan kerja. Pelayanan prima yang cepat dan berkualitas merupakan kunci utama penilaian. Tak lupa berbagai hal dalam pelayanan juga mendapat masukan berdasarkan pengalaman instansi lain sebagai gambaran agar lebih baik.

Kepala Kantor Imigrasi Semarang Menghadiri Acara Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK/WBMM oleh Kanwil DJBC Jateng dan DIY

Selamat sore Sobat Mido, pada hari ini Kamis, 08 Agustus 2019, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang menghadiri Acara Pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Tengah dan DIY. Acara ini diselenggarakan di Gedung Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DIY, Jalan Ahmad Yani no. 139, Pleburan, Semarang.

Perbedaan e-Paspor dan Paspor Biasa

Halo sahabat Mido
Apa sih bedanya e-Paspor sama paspor biasa

Kita sebelumnya harus tau dulu nih apa itu E-paspor, jadi guys e-Paspor atau elektronik paspor, sering juga disebut paspor biometri, merupakan jenis paspor yang memiliki data biometri sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Data biometri tersebut disimpan dalam bentuk chip yang tertanam pada paspor, yang berada di bagian depan paspor.

Ada kabar gembira juga dari e-Paspor ini guys, karena pemerintah jepang mulai tanggal 1 Desember 2014 membebaskan visa kunjungan selama 15 hari bagi WNI pemegang e-Paspor, jadi kalian para traveler gak perlu membuat aplikasi via kunjungan apabila akan berlibur ke Jepang, mereka hanya perlu mendaftarkan e-Paspor meraka ke kedutaan besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia.

Ditambah e-Paspor juga lebih aman loh, kenapa?
e-Paspor akan sulit untuk disalahgunakan apabila paspor mereka ditangan orang lain, karena jika e-Paspor ini hilang maka orang lain yang menemukannya akan kesulitan untuk menyalahgunakan atau memalsukan paspor tersebut, karena seluruh data biometri pemilik paspor sudah tertanam dalam chip paspor, sehingga e-Paspor dibilang lebih aman juga ramah lingkungan karena mengurangi pemakaian kertas nih guys

Layanan Si Jempol Semar untuk Kemudahan Masyarakat

Selamat Siang Sobat Mido. Hari ini, Selasa 6 Agustus 2019, tim dari Layanan Si Jempol Semar (Imigrasi Jemput Bola Semarang) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang telah melakukan pengambilan foto biometrik di rumah Bapak Zainal Arifin, warga Banyumanik, Kota Semarang. Beliau adalah penyandang disabilitas tuna netra yang menjadi pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Layanan Si Jempol Semar ini merupakan Inovasi Layanan terbaru dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang untuk memudahkan pemohon paspor penyandang disabilitas atau sakit dengan kriteria tertentu agar tidak perlu datang ke kantor untuk pengambilan foto biometrik dan sidik jari, karena petugas akan langsung datang ke rumah pemohon.

Ini merupakan komitmen Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM untuk meningkatkan pelayanan yang ramah HAM dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kantor Imigrasi Semarang sudah bisa Melayani e-Paspor

Gaess, Ada kabar baik niihh.. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang sekarang sudah menyediakan e-Paspor yang lagi hits itu ya.. biaya Rp 650.000 aja..
Stay tuned di postingan kami berikutnya untuk mengetahui apa perbedaan e-Paspor dan paspor biasa yaaa…

Apel Pagi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang (05/08/2019)

Selamat pagi Sahabat Imigrasi, pada pagi hari ini, Senin 05 Agustus 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang menyelenggaran apel pagi. Apel dipimpin oleh Kepala Seksi Status Keimigrasian, Bapak Sugeng Haryadi dan diikuti oleh pejabat struktural beserta seluruh pegawai.

Bapak Sugeng, dalam amanatnya memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai yang telah disiplin dalam mengikuti apel pagi kali ini.

Rapat Dalam Kantor Tahap Persiapan Lelang Renovasi Gedung

Selamat sore Sobat Mido
Pada hari ini, Jumat (02/08/2019) Kantor melaksanakan Rapat Dalam Kantor Tahap Persiapan Lelang Renovasi Gedung. Acara ini dihadiri oleh para pejabat struktural dan PT Nusakom


Rapat ini diadakan dalam rangka menindaklanjuti rencana renovasi kantor yang telah disetujui oleh Direktorat Jendral Imigrasi.
Dalam rapat ini dipaparkan hasil gambar yang merupakan proses penggabungan dari beberapa ide yang telah diusulkan.