Teleconference Sosialisasi  Hasil Penelitian Hukum dan HAM

 

Selasa, 4 Agustus 2020 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengekuti kegiatan Teleconference Sosialisasi  Hasil Penelitian Hukum dan HAM, dengan tema Meniti Strategi Corporate University Refleksi Kemenkumham Sebagai Organisasi Pembelajar

Berlaku sebagai narasumber, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah dan Kepala Badiklat Kemenkumham Jawa Tengah kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kapasitas personil dan inisiasi knowledge dalam rangka meningkatkan kinerja

Dalam materinya Priyadi menyampaiakn sebagai berikut :Coorporate university adalah sebuah strategi manajemen organisasi yang didesain untuk mendukung organisasi dalam mencapai tujuan strategi melalui pelaksanaan  aktivitas yang menempa pembelajaran dan pengetahuan individual dan institusional, Perlu ada sinergi dan kolaborasi

COUCHING DAN MENTORING PENGUATAN KEHUMASAN OLEH TIM HUMAS DIREKTORAT JENDERAL IMIGRASI

Halo Sahabat Mido, hari ini Kamis, 09 Juli 2020. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengadakan kegiatan Rapat Penguatan Kehumasan oleh Tim Humas Direktorat Jenderal Imigrasi. Agenda ini dihadiri oleh Kepala Seksi Tikim, Kasubbag TU, dan pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, khususnya bagian kehumasan.

Pada kesempatan ini, Tim Humas Ditjen Imigrasi memberikan materi fotografi dan pedoman media sosial bagi UPT Imigrasi.

Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana penguatan kehumasan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Kegiatan Komunitas Belajar/Community of Practice(CoP) Melalui Teleconference Oleh Badiklat Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah

Selasa,7 Juli 2020. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengikuti kegiatan Komunitas Belajar/Community of Practice(CoP) melalui Teleconference oleh Badiklat Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah,


Kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasi serta mensosialisasikan terkait peningkat pelayanan publi serta bagaimana strategi dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya pelayanan keimigrasian.

Belajar itu Tidak Harus di Kelas, Wujudkan Kemenkumham CORPU melalui Metode Coaching dan Mentoring

Rabu, 17 Juni 2020. Dalam rangka menuju WBK,WBBM dan SDM Unggul, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melaksanakan kegiatan Kemenkumham Corporate University (CORPU) melalui metode Coaching dan Mentoring bagi Petugas Pemeriksa Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjung Emas Semarang dengan tema peningkatan pelayanan publik. Bertindak sebagai Coach dalam kegiatan ini, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Bapak Donny Alfisyharin. Untuk Mentor di ampu oleh Kepala Seksi Lalulintas Keimigrasian Bapak Thomas Aries Munandar dan Kepala Sub Seksi Pemeriksaan Keimigrasian Bramantyo Andhika Putra.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan kegiatan Virtual Meeting (VM) menggunakan aplikasi Zoom diikuti petugas yang tidak bisa hadir pada hari ini. Selaku Coach Bapak Donny Alfisyahrin menyampaikan pentingnya pelayanan terhadap crew kapal, apalagi crew tersebut adalah orang asing yang tentu saja akan berdampak pada penilaian pelayanan mewakili Pemerintah Indonesia lebih lanjut disampaikan bahwa peningkatan pelayanan publik saat ini tidak boleh menyimpang dari Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 44 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemeriksaan Masuk Dan Keluar Wilayah Indonesia Di Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Lebih lanjut disampaikan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang saat ini sudah mencanangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi, dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Harapan yang diinginkan melalui Coaching dan Mentoring ini seluruh ASN khususnya Petugas Pemeriksa Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjung Emas Semarang semakin prima dalam memberikan pelayanan dan menambah wawasan menuju SDM Unggul. Kegiatan Coaching dan Mentoring dilaksanakan pada pukul 14.00 sd 16.00 di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dan media virtual Meetiing Zoom.

Internalisasi CORPU oleh Kantor Wilayah

Rabu, 17 Juni 2020. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Doni Alfisyahrin dan jajarannya mengikuti kegiatan Internalisasi Corporate University (CORPU) oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah secara virtual melalui aplikasi Zoom. Kegiatan Internalisasi ini diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham se-Eks Karesidenan Semarang, Pekalongan, dan Banyumas.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Subbagian Kepagawaian Kanwil Jawa Tengah, Meivita Dewi Widyastuti dengan tema kepegawaian. Kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh UPT dan Kanwil.

Imigrasi Semarang Siap Wujudkan Kemenkumham Corpu

Kamis, 11 Juni 2020. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, yang diwakili oleh Analis Keimigrasian Muda, Jumiyo, dan didampingi pegawai Analis Keimigrasian Pertama, melakukan audiensi dengan Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Hukum dan HAM Jawa Tengah. Kepala Badiklat Kumham Jawa Tengah, Kaswo, menyambut langsung kedatangan dari Perwakilan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Audiensi ini bertujuan untuk mewujudkan bagian dari Kemenkumham Corpu di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Ada beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam pertemuan kali ini, diantaranya, Kabadiklat Kumham Jateng mengapresiasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang karena berperan aktif untuk mewujudkan bagian dari Kemenkumham Corpu dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia yang ada, Kegiatan yang dapat diselenggarakan  berupa pelatihan dan sosialisasi kepada pegawai, coaching mentoring pegawai, kegiatan peningkatan pelayanan prima melalui workshop, benchmarking, e-learning , pelatihan jarak jauh dengan pemanfaatan teknologi dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut melalui aplikasi whatsapp atau zoom untuk pengembangan pegawai pada unit kerja, CORP (Community Of Pratice) dengan pembuatan grup untuk penyelenggaraan corpu.

Dengan adanya Kegiatan ini, dapat menjadikan awal yang baik demi meningkatkan Pelayanan Publik yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang