Bakti Sosial Pemberian Tali Asih kepada Pegawai/ Keluarga memperingati Hari Bhakti Imigrasi 2020

Rabu, 22 Januari 2020.
Kantor Imigrasi kelas I TPI Semarang, bersama dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, Rumah Detensi Imigrasi Semarang dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanim Semarang menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial dengan memberikan bantuan tali asih kepada beberapa pegawai dan keluarga pegawai dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 70 tahun 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud rasa kepedulian dan tenggang rasa kepada sesama para pegawai. Kegiatan pemberian santunan tali asih ini sendiri dilaksanakan di aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Dalam kegiatan pemberian tali asih ini turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tarsono; Kepala Divisi Keimigrasian Jawa Tengah, Esti Winahyu Nur Handayani; Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Semarang, Doni Alfisyahrin dan Kepala Rumah Detensi Imigrasi Semarang, Retno Mumpuni.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyatakan bahwa dengan Kegiatan pemberian santunan tali asih ini, diharapkan dapat meningkatkan solidaritas dan menguatkan soliditas pegawai di lingkungan Kantor Imigrasi kelas I TPI Semarang. Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Semarang juga menyampaikan doa dan harapan bagi pegawai yang sedang sakit semoga segera diberi kesembuhan oleh Tuhan YME dan dapat menjalankan tugas kembali.

Donor Darah memperingati Hari Bahakti Imigrasi Tahun 2020

Rabu, 22 Januari 2020.
Pegawai Kantor Imigrasi kelas I TPI Semarang melakukan aksi Donor Darah. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Imigrasi Semarang ini, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang.

Dalam kegiatan donor darah ini juga dihadiri oleh perwakilan dari UPT Kemenkumham Se Kota Semarang, diantaranya Bapas, Balai Harta Peninggalan, dan Lapas Perempuan.

Aksi Donor Darah ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-70 tahun 2020.
Dengan Kegiatan donor darah ini, menjadi wujud nyata kontribusi kantor Imigrasi kelas I TPI Semarang untuk ikut berperan serta dalam menciptakan kepedulian sosial dengan sesama.

Kepala Kantor hadiri Pencanangan Zona Integritas di Ditjen Imigrasi

Selasa, 21 Januari 2020
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang menghadiri kegiatan Pencanangan Zona Integritas di Lingkungan Direktorat Jendral Imigrasi Tahun 2020.
Acara ini dimulai dengan pembukaan, pemaparan materi oleh Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM dan dilanjutkan dengan FGD (Forum Group Discussion).Dirjen Imigrasi, Bapak Ronny F. Sompie juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Acara yang diadakan di Ruang Rapat Yusuf Adiwinata Lantai 12,
Direktorat Jenderal Imigrasi ini dihadiri oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi se-Indonesia.

Apel dan Penandatangan Deklarasi Janji Kinerja 2020

Senin, 20 Januari 2020
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, bersama dengan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah dan jajarannya, melakukan penandatanganan Deklarasi Pencanangan Zona Integritas menuju WBK/WBBM Tahun 2020.

Penandatangan ini dilaksanakan dalam acara Apel Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah. Apel tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Kepala/Perwakilan Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, Kepala Ombudsman perwakilan Jawa Tengah, Kepala UPT se-Jawa Tengah, 23 orang Pegawai Penerima Penghargaan, pegawai Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, serta pegawai Kantor Imigrasi Semarang.

Dalam apel ini, Kantor Imigrasi Semarang turut mendapatkan penghargaan atas pencapaian dalam bidang penegakan hukum keimigrasian atas Pro Justitia terhadap Warga Negara Asing yang melakukan pelanggaran Administrasi Keimigrasian Tahun 2019. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah.

Pendeportasian Deteni eks Narapidana ke Negara Asal (Taiwan)

Senin, 20 Januari 2020.
Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melakukan pengawalan deportasi ke negara asal ex-Narapidana Warga Negara Taiwan bersama dengan Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Polsek Semarang Barat dan Satgas BAIS TNI.

Dengan berkoordinasi antara petugas Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dengan Rumah Detensi Imigrasi Semarang untuk melakukan deportasi ex-Narapidana Warga Negara Taiwan ke Jakarta, untuk selanjutnya nantinya dilakukan deportasi ke negara asal mereka.

Pemindahan Deteni ke Rudenim Semarang

Sabtu, 18 Januari 2020. Kegiatan Pemindahan Deteni sejumlah 12 Ex – Narapidana Warga Negara Taiwan dari Lapas Kelas I Semarang dan Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang ke Rumah Detensi Imigrasi Semarang. Kegiatan ini dipimpin oleh Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigasian Kantor Imigasi Kelas I TPI Semarang dengan bekerja sama dengan Rumah Detensi Imigrasi Semarang.

Dua belas deteni tersebut telah selesai menjalani masa hukumannya atas pidana Keimigrasian di Indonesia sambil menunggu persiapan pendeportasian / pemulangan ke negaranya.

Kunjungan ke Direktorat Jenderal Imigrasi

Jumat, 17 Januari 2020
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengadakan kunjungan ke Direktorat Jenderal Imigrasi.
Kunjungan kerja ini dilaksanakan bersama Kepala Divisi Keimigrasian Jawa Tengah dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang. Kegiatan kali ini dilaksanakan dalam rangka koordinasi dan evaluasi pelaporan persiapan pembentukan Unit Kerja Keimigrasian di kota Pekalongan. Bapak Dirjen Imigrasi, Ronny Sompie mengapresiasi laporan persiapan pembentukan UKK di Kota Pekalongan. Beliau juga memberikan arahan dalam pembentukan Unit Kerja Keimigrasian di Kota Pekalongan dapat meningkatkan pelayanan dalam keimigrasian dan mendekatkan diri kepada masyarakat

Kepala Kantor ikuti Rapat Evaluasi Persiapan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas

Rabu, 15 Januari 2020
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang mengikuti kegiatan Rapat Evaluasi Persiapan Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Zona Integritas yang akan diadakan pada Senin, 20 Januari 2020 di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah.

Dalam rapat ini disampaikan susunan acara mulai dari apel janji kinerja, pencanangan ZI, hingga peresmian LAW dan Human Right Centre serta pembukaan Rakor. Rapat ini bertujuan untuk mematangkan dan memastikan kesiapan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah

Pihak-pihak yang akan turut hadir dalam acara, antara lain Kapolda, Ombudsman, Setda, Kepala biro umum, dll.Dalam rapat ini disampaikan bahwa seluruh Kepala UPT di keimigrasian maupun di pemasyarkatan juga akan hadir dalam acara.

Pelaksanaan Upacara Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019

Semarang, 19 Desember 2019. Seluruh Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang melaksanakan Upacara dalam memperingati Hari Bela Negara ke- 71. Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, adalah Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Filianto Akbar. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan amanat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, bahwa tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tetapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI. Lebih lanjut, bagi yang berbakti dalam birokrasi, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik.

Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat.

Layanan Si Jempol Semar untuk Kemudahan Masyarakat

Selamat Malam Sobat Mido. Hari ini, Rabu, 18 Desember 2019, tim dari Layanan Si Jempol Semar (Imigrasi Jemput Bola Semarang) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang telah melakukan pengambilan foto biometrik di rumah Bapak Adrian Samantha warga Kota Semarang. Beliau berniat melakukan penggantian paspor untuk keperluan pengobatan lanjutan di luar negeri.

Layanan Si Jempol Semar ini merupakan Inovasi Layanan yang telah dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang untuk memudahkan pemohon paspor penyandang disabilitas atau sakit dengan kriteria tertentu agar tidak perlu datang ke kantor untuk pengambilan foto biometrik dan sidik jari, karena petugas akan langsung datang ke rumah pemohon.

Ini merupakan komitmen Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang dalam meningkatkan pelayanan yang ramah HAM dan pelayanan prima kepada masyarakat.