07
Jul 2012
Print
E-mail
Written by Administrator

Istilah Keimigrasian berasal dari kata imigrasi yang merupakan terjemahan dari bahasa Belanda “immigratie” dan bahasa Latin “immigratio”. Kata imigrasi terdiri dari 2 (dua) suku kata yaitu in yang artinya dalam dan migrasi yang artinya pindah, datang, masuk atau boyong. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa arti imigrasi adalah pemboyongan orang-orang masuk ke suatu negeri. Dalam bahasa Inggris, pengertian imigrasi adalah: imigration is the entrance into an alien country of persons intending to take a part in the life of that country and to make it their more or les permanent residence. yang artinya imigrasi adalah pemasukan ke suatu negara asing dari orang-orang yang berniat untuk menumpang hidup atau mencari nafkah dan sedikit banyak menjadikan negara itu untuk tempat mereka berdiam atau menetap.

 

Pada hakikatnya emigrasi dan imigrasi itu menyangkut hal yang sama seperti dua sisi dari satu mata uang yang sama, yaitu perpindahan penduduk antar negara, tetapi yang berbeda adalah cara memandangnya. Ketika seseorang pindah kenegara lain, peristiwa ini dipandang sebagai peristiwa emigrasi, namun bagi negara yang didatangi orang tersebut peristiwa itu disebut sebagai peristiwa imigrasi.

Sebuah Konferensi Internasional yang dilaksanakan di Roma pada tahun 1924 tentang migrasi dan imigrasi, memberikan definisi tentang imigrasi sebagai berikut : “Emmigration and Immigration is human mobility to enter a country with its purpose to make a living or for residence”. Dari kalimat tersebut, pengertian emigrasi dan imigrasi adalah gerak pindah manusia memasuki suatu negara dengan niat untuk tinggal menetap dan mencari nafkah di negara tersebut. Selanjutnya istilah imigrasi kemudian berkembang menjadi istilah keimigrasian.
Pasal 1 ayat (1) UUK menyebutkan pengertian keimigrasian adalah “ Hal ikhwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Negara Republik Indonesia dan pengawasan orang asing di wilayah Negara Republik Indonesia”.

 

Support Center

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini108
mod_vvisit_counterKemarin133
mod_vvisit_counterMinggu Ini108
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin1502
mod_vvisit_counterBulan Ini4721
mod_vvisit_counterBulan Kemarin6293
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan80748
We have: 2 guests online
IP Anda: 54.204.94.254
 , 
Sekarang: 24-Nop-2014
Free visitor tracking, live stats, counter, conversions for Joomla, Wordpress, Drupal, Magento and Prestashop